Kamis, 08 Desember 2011

Pannier Bag

Barang satu ini mungkin tidak popular disebut disini.
Tapi jika dikatakan: kantong besar untuk sepeda pak pos, barulah ngeh.
Pannier bag, adalah semacam tas atau kantong yang dipakai disepeda atau sepeda motor. Gunanya tentu saja untuk menyimpan barang.


Pannier bag atau tas sepeda ada beberapa jenis.
Paling umum dijumpai adalah kantong kecil yang disangkutkan tepat dibelakang tempat duduk (sadel) sepeda, lazim disebut tail bag, saddle bag, atau caradice bag.
Bentuknya kecil dan tersedia dalam berbagai size.  Nyaris semua pemain sepeda memakai ini. Karena kecil, maka isinya paling banter hanya  dompet, HP, utility tools, dan kunci pengaman atau lampu sepeda.  
Tas kecil ini perlu ada disangkutkan disana, karena biasanya celana sepeda (cyclist pants) tidak mempunyai kantong ekstra buat menyimpan barang.


Jenis pannier yg lain adalah diletakan dibelakang sepeda, bentuknya besar. Inilah yang dikenal sebagai “kantong pak pos”. Sejarahnya memang berasal dari sana. Dan jauh sebelum era “bike for fun and sport”, kantong besar ini juga disangkutkan didekat pelana kuda.
Belakangan ketika muncul sepeda genjot dan sepeda motor, kantong ini juga dipakai dengan modifikasi tertentu seperti dimensi volume serta bahan materialnya yang makin bagus.  Ringan, kuat, muat banyak barang, dilengkapi dengan scotlite untuk keamanan dijalan, dan kedap air.
Tas semacam ini jarang dipakai oleh pesepeda disini.  Untuk meletakan disana dibutuhkan penyangga besi atau alumunium, mirip tempat duduk boncengan.  Bagi bikers yang hanya menggenjot sepedanya diakhir pekan, pemakaian kantong ini tidak dirasa  perlu. Biasanya, jika ingin melakukan touring jarak jauh barulah mereka memasang tas ini dibelakang sepeda. Dari sini, lantas pannier ini juga disebut: touring bag.
Selain diletakan dibelakang, pannier bag juga diletakan distang dan diatas roda depan.  Jenis kantong ini adalah pengembangan untuk akses memuat barang lebih banyak bagi pesepeda touring. 


Di Jakarta agak sulit mencari pannier bag. Mereka biasanya hanya menjual tail bag untuk disadel tempat duduk. Untuk tas pannier size besar dibelakang, roda depan, serta stang, agak susah mencarinya.  Memakai pannier bagi pesepeda touring adalah wajib mengingat punggung manusia tidak akan kuat menanggung beban ransel yang diisi barang2 yang berat sambil menggenjot puluhan kilometer. Daripada lekas capek, maka memakai panniers adalah cara paling tepat untuk menghemat tenaga.


3 komentar: